Jika Harus Bicara Soal Seks

Membicarakan seks dengan pasangan secara terus terang, bukanlah hal yang mudah. Sering kita membayangkan reaksi pasangan yang sedih atau tersinggung.

Jadi, bagaimana harus menyampaikan keluhan seputar kehidupan seksual Anda berdua?

1. Renungkan
Seks bukanlah masalah yang sederhana. Bila ada sesuatu yang tidak berkenan di hati, endapkan dan renungkan terlebih dahulu. Cari tahu di mana letak permasalahannya.

2. Tulis
Dengan menuliskan apa yang hendak Anda utarakan, sudah merupakan langkah yang sangat baik untuk memperjelas permasalahannya kepada diri sendiri dan melatih cara berbicara dengan pasangan.

3. Latih & Praktikkan
Bila Anda gugup sebelum membicarakannya dengan pasangan, lakukan latihan terlebih dahulu. Di depan cermin misalnya.

4. Pertimbangkan Saat Tepat
Hal ini akan sangat tergantung pada topik yang akan Anda bicarakan. Jadi, cari dan pilih waktu yang pas agar pesan atau masukan yang ingin Anda sampaikan, bisa diterima dengan baik oleh pasangan.

5. Tentukan Lokasi
Membicarakan masalah ketidakpuasan seksual di tempat tidur merupakan langkah yang tidak baik karena dapat menciptakan hal negatif. Sebaiknya bicarakan permasalahan tersebut pada saat Anda berpakaian lengkap sambil minum teh bersama di sore hari.

6. Waktu untuk Proses
Biasanya diperlukan beberapa kali pembicaraan untuk dapat mengatasi permasalahan secara keseluruhan atau membicarakan seluruh aspek permasalahan.

7. Murah Hati
Bila hanya Anda yang mempunyai masalah, pertimbangkan bahwa hal tersebut mungkin lebih sulit bagi pasangan. Cobalah untuk bersikap murah hati terhadap pasangan dan coba untuk tidak menyalahkan.

8. Umpan Balik
Sesekali perlu untuk membicarakan kembali permasalahan tertentu agar memperjelas bagaimana perasaan pasangan terhadap hal tersebut.

JANGAN LUPA!
* Kiat yang disebutkan di atas bisa saja sesuai dengan situasi yang Anda hadapi tetapi bisa juga tidak.
* Imajinasi seseorang dapat merupakan musuh terburuk bila harus mengambil risiko seperti ini.

Kenyataannya, berbicara secara terbuka mengenai perasaan seksual, tidak hanya memperbaiki kehidupan seks dengan pasangan tetapi juga dapat memperbaiki aspek lain dari hubungan Anda berdua.(tabloid nova, kompas, Senin, 21/4/2008)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s