Bangkit Lagi Setelah Dikecewakan

Apa rasanya menjadi Sandra Bullock, yang ketika sedang di puncak kariernya, mendadak mendengar berita sang suami punya affair dengan empat wanita? Hm… pastilah ia seperti jatuh dihempaskan ke bumi. Sakit luar biasa.


Pengalaman Bullock bisa menjadi pelajaran bagi kita, bahwa ada hal-hal yang terjadi di luar jangkauan kita. Yang bisa kita lakukan adalah menggunakan kemampuan kita untuk menunjukkan bahwa kehidupan kita tetap berjalan normal. Bahwa kita bisa bangkit lagi saat kita berada di posisi yang tidak menyenangkan. Anda ingin tahu apa yang akan Anda hadapi saat mengalami masa-masa jatuh itu, dan hikmah apa yang bisa kita ambil?

1. Mengeluh
Mengeluh bukanlah cara untuk keluar dari masalah yang ada. Saat mengeluh Anda tidak akan membuat perbedaan; si dia tetap saja telah mengecewakan Anda. Dalam keadaan apa pun, kita dituntut untuk bisa tetap berpikir jernih.

Salurkan kemarahan dan kekecewaan Anda pada hal-hal yang bisa membawa kebaikan. Saat Anda marah dan kecewa, energi yang ada sangatlah besar. Manfaatkan hal ini untuk kegiatan yang membuat Anda sejenak melupakan keadaan yang ada.

2. Hal-hal di luar jangkauan kita
Kebanyakan dari kita pasti ingin semua tampak teratur dan sempurna. Misalnya, kita berusaha berhati-hati saat mengemudi di jalan. Tetapi di jalanan Anda menemui pengemudi lain yang ugal-ugalan, dan kemudian menabrak mobil Anda. Banyak hal di dunia ini yang terjadi di luar jangkauan atau di luar kontrol kita. Tidak ada yang bisa Anda lakukan untuk menghentikannya, kecuali menerima dan menghadapinya.

3. Tidak semua hal bisa Anda dapatkan
Anda sudah berusaha sekuat tenaga untuk mendapatkan cinta dari seorang pria. Anda mencurahkan perhatian, menyisihkan waktu untuk bersamanya, bahkan melakukan apa saja untuk menyenangkan hatinya. Ternyata, hatinya tak juga terbuka untuk Anda. Bila hal ini terjadi, tidak berarti ia tidak menghargai perhatian Anda. Anda pun tidak bisa memaksanya menerima Anda. Sadarilah, bahwa tidak semua hal bisa Anda dapatkan, tak peduli betapa kerasnya usaha Anda.

4. Kita akan makin kuat
“What doesn’t kill us, make us stronger”, begitu kata pepatah. Saat ini Anda pasti ingin menangis, ingin berteriak, dan menghancurkan barang-barang. Percayalah, hal ini hanya sementara. Anda akan makin kuat dan tahu apa yang akan harus Anda lakukan selanjutnya. Mungkin saat hal yang sama terjadi lagi, Anda tidak akan menangis, tetapi terus melangkah lebih percaya diri.

5. Tempatkan saat ini sebagai masa depan
Tanyakan pada diri Anda dalam seminggu ke depan, setahun, lima tahun ke depan, apakah tangisan dan kemarahan Anda ini berarti? Mungkin saja satu atau beberapa tahun ke depan Anda akan melihat situasi sekarang sebagai hal yang tidak perlu. Bahkan mungkin Anda akan menertawakan diri Anda saat ini karena menangisi orang yang tidak layak Anda cintai.

6. Pancarkan kecantikan Anda
Carilah tempat-tempat yang bisa membuat Anda rileks. Contohnya, spa, berenang, massage, potong rambut, apa pun itu yang membuat Anda merasa cantik!   (Kompas,Jumat, 26/3/2010)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s