Cegah OAB dengan Latihan Kegel

Penyakit yang tergolong kronis, overactive bladder (OAB) atau lebih dikenal dengan nama “beser” (berkemih lebih dari delapan kali dalam 24 jam), bisa dicegah dengan terapi perilaku dan terapi obat.

Cara alami mencegah penyakit yang bisa menimbulkan depresi ini adalah dengan membatasi asupan makanan dan minuman yang bersifat diuretik, dan menghindari makan dan minum dua jam sebelum tidur. Teknik lainnya adalah dengan melatih otot kandung kemih, atau yang sering disebut dengan senam kegel. Caranya dengan membuat gerakan otot vagina dan anus, seperti saat menahan buang air kecil, selama 30 menit. Jika masih bermasalah, bisa juga dilakukan terapi obat dengan dosis dan jangka waktu sesuai konsultasi dokter.

“Latihan kegel merupakan terapi perilaku untuk penderita OAB, dan ini terbukti 80 persen mampu memperbaiki kondisi penderita OAB,” papar dokter spesialis obstetri dan ginekologi, dr Budi Iman Santoso, SpOG (K), di sela kegiatan Healthy Chit Chat dari Pfizer Woman Care di Jakarta, Sabtu (21/8/2010) lalu.

Latihan kegel, kata dr Budi, bisa dilakukan kapan saja saat sedang rebahan, bekerja, atau duduk-duduk sambil menonton televisi. Anda yang masih sehat pun bisa menerapkan latihan ini untuk mengencangkan otot di sekitar vagina, sehingga membuat Anda lebih mampu menahan keinginan buang air kecil. Bagi penderita OAB, latihan menahan berkemih ini bisa membantunya untuk mengurangi frekuensi berkemih yang terlalu sering.

“Sebenarnya kantong kemih bisa menampung hingga 150-250 cc air kemih. Namun penderita OAB tak bisa menahan keinginan berkemih, sehingga meski baru 5 cc sudah ada keinginan kuat untuk berkemih,” jelasnya.

Penyakit yang diderita 53 persen perempuan di Asia ini juga bisa diatasi dengan terapi obat. Mengonsumsi obat Toherodine Tartrate sebanyak 2 x 1 selama dua bulan bisa memperbaiki kondisi si penderita. Namun obat ini tidak dijual bebas. Anda harus berkonsultasi dulu dengan dokter Anda. (Kompas, Selasa, 24/8/2010)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s