Hormon Seks Bikin Wanita Lebih Cantik

Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa para wanita yang memiliki hormon seks estrogen dengan kadar cukup tinggi memiliki wajah yang lebih cantik.

Temuan ini membuat cerita mengenai evolusi menjadi masuk akal. Pria lebih tertarik pada wanita yang sedang subur. Demikian diungkapkan tim peneliti dari University of St Andrews dalam Jurnal Royal Society.

Dikatakan, kadar estrogen selama masa pubertas dapat memengaruhi penampilan terutama lewat bertumbuhnya tulang dan tekstur kulit.

Namun topeng make up dapat membuat para wanita yang sebenarnya kurang menarik menjadi lebih menarik.

Tim yang terdiri dari pada psikolog di Laboratorium Persepsi ini telah memotret sekitar 59 muka wanita usia antara 18 hingga 25 tahun dan menganalisa kadar-kadar hormon seks mereka.

Kemudian mereka bertanya pada 30 relawan yang terdiri dari 15 laki-laki dan 15 perempuan  untuk menilai wajah sesuai masing-masing wanita ini.

Baik pria dan wanita relawan ini menilai bahwa para wanita dengan kadar hormon yang tinggi ini justru lebih menarik secara fisik.

Wajah-wajah ini cenderung memiliki ciri klasik semisal mata dan bibir besar dan hidung serta dagu yang lebih kecil.

Bagaimanapun juga, saat wanita-wanita yang dipotret itu menggunakan make up, tampak ditemukan adanya hubungan antara estrogen dan tampilan menarik.

Para peneliti percaya bahwa make-up membuat tampilan berubah. Kepala peneliti, Miriam Law Smith, mengatakan: “Para wanita secara efektif dapat menunjukkan pada orang lain kesuburannya secara umum lewat wajah.”

“Make-up dapat mengubah tampilan, dan jelas hal ini membantu mereka yang kurang menarik menjadi tampak menarik.”

Sebagai contoh, make-up mata dapat digunakan untuk memperbesar mata dan foundation dapat membuat kulit tampak cerah.

“Temuan kami dapat menjelaskan kenapa para pria secara umum lebih menyukai wajah para wanita yang feminin. Dalam term evolusi, masuk akal bagi pria untuk menyenangi wanita yang sedang subur – karenanya bayi mereka akan bertambah,”

Dr Tony Little, seorang dosen di School of Biological Sciences di University of Liverpool, mengatakan “Ini sebuah penelitian yang sangat menarik.”

“Temuan ini masuk akal. Estrogen jelas terkait dengan kesuburan. Dan pasti bermanfaat memilih tipe-tipe tertentu wanita ini.”

“Temuan mengenai make-up juga menarik. Implikasinya para wanita akan menerapkan strategi tipu daya ini. Mereka akan dapat memperdaya para pria dengan sistem visual yang disebut make-up.”

Dia mengatakan, penelitiannya dengan para kolega Craig Roberts menunjukkan tampilan menarik para wanita juga bersifat fluktuatif melalui siklus menstruasi dan berpuncak pada hari-hari dimana para wanita sedang subur.

Source: BBC, Kompas,Selasa, 12/2/2008

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s