Jika Istri Tidak Puas dengan Suami

T. Apakah memang benar seks begitu penting bagi pasangan suami istri? Jika isteri tidak puas dengan suaminya dalam hal seksual, apa yang sebaiknya suami harus lakukan?


J. Ya, seks sangat penting dalam satu perkawinan. Seks juga merupakan bentuk komunikasi yang sangat intim untuk pasangan. Jika satu pasangan tidak memuaskan, sangat penting untuk berbagi secara terbuka dan mengidentifikasikan alasannya.

Dalam sebagian besar kasus, ketidakpuasan ini biasanya tidak semata terkait dengan satu pihak tetapi kedua belah pihak entah secara langsung maupun tidak langsung. Biasanya, seorang istri/suami begitu mudah mencari alasan atas ketidakpuasan yang dialami dan melimpahkannya pada pihak lain untuk kemudian mengabaikan pasangannya. Kadang-kadang, diskusi atau pembicaraan antara pasangan tidak terjadi dengan lembut atau tidak dimulai sama sekali.

Kalau sudah demikian, penting untuk berkonsultasi dengan para profesional kesehatan. Kebanyakan isu seksual antarpasangan dapat diatasi jika penyebabnya bisa diidentifikasikan. Proses mulai dari mengidentifikasikan dan pemahaman penyebab bisa menjadi suatu proses yang lama dan rumit sehingga kesabaran menjadi kuncinya.(Kompas,Senin, 26/1/2009)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s